P3E Kalimantan ā€“ Guna mengantisipasi terjadinya krisis air di masa yang akan datang dan untuk mensiasati kekurangan sumber air baku di Kota Balikpapan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan menginisiasi kegiatan pemanenan air hujan pada Senin, 16 Desember 2019. Kegiatan sosialisasi pemanenan air hujan berlangsung di SMPN 22 Balikpapan, sekaligus SMPN 22 sebagai pilot project kegiatan pemanenan air hujan. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dibuat antara P3E Kalimantan dengan Pemerintah Kota Balikpapan pada bulan Oktober lalu.

Sosialisasi dihadiri oleh Walikota Balikpapan, P3E Kalimantan, DLH Kota Balikpapan, Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Lurah Sumberejo, serta Guru dan siswa SMPN 22 Balikpapan. Narasumber adalah Ibu Sri Wahyuningsih, Ketua Komunitas Sekolah Air Hujan Banyu Bening Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kepala P3E Kalimantan menjelaskan bahwa keputusan untuk memulai pemanenan air hujan adalah berdasarkan kajian wilayah ekoregion. Balikpapan yang berada pada wilayah struktural pegunungan meratus mempunyai tipe kategori tidak menyerap air, sehingga pada saat infrastruktur alam dan buatannya tidak dikelola dengan baik, maka pada saat hujan deras akan terjadi banjir. Kondisi yang demikian membuat keberadaan air tanah menjadi minim. Dengan kondisi tersebut, sangat penting menerapkan pemanenan air hujan. Upaya konservasi air menjadi hal yang sangat penting dan memanfaatkan air hujan akan lebih memberikan solusi.

P3E Kalimantan dan Pemerintah Kota Balikpapan berkomitmen untuk memulai gerakan pemanenan air hujan dan SMPN 22 Balikpapan terpilih sebagai pilot project  mengingat pentingnya peran dari unsur pendidikan sebagai agent of change. Pada kegiatan ini diserahkan pula unit pemanenan air hujan dari Kepala P3E Kalimantan kepada Kepala Sekolah SMPN 22 Balikpapan.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin. Muhaimin berharap semangat SMPN 22 Balikpapan akan menjadi motivasi sekolah-sekolah lainnya untuk ikut melakukan pemanenan air hujan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan sosialisasi ini, dilaksanakan pula sosialisasi dan sarasehan mengenai pemanenan air hujan kepada para siswa dan Guru SMPN 22, serta komite sekolah SMPN 22 Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.