You are currently viewing Deskripsi Peta Ekoregion Kalimantan Skala 1:250.000

Deskripsi Peta Ekoregion Kalimantan Skala 1:250.000

Peta ekoregion adalah peta yang menggambarkan sifat dan karakteristik lingkungan hidup di permukaan bumi. Setiap satuan ekoregion menggambarkan sifat dan karakter tertentu dari lingkungan hidup, baik dari sifat bentanglahan (landscape) maupun karakter ekosistem (ecosystem) yang terbentuk di atas bentanglahan tersebut. Mengingat bahwa tipe ekosistem yang terbentuk mengikuti karakteristik bentanglahan, maka karakteristik bentanglahan merupakan unsur dasar dalam membangun ekoregion.

Bentanglahan (landscape) adalah hamparan permukaan bumi yang terdiri atas sistem-sistem, yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi antara bentuklahan, batuan, bahan pelapukan batuan, tanah, air, udara, tumbuh-tumbuhan, hewan, laut tepi pantai, energi dan manusia dengan segala aktivitasnya, yang secara keseluruhan membentuk satu kesatuan. Dalam definisi di atas salah satu unsur penting dalam bentanglahan adalah bentuklahan (landform), yakni suatu bentuk permukaan bumi tertentu yang dihasilkan oleh
proses-proses alami (geomorphic processes), baik proses tunggal maupun proses gabungan. Berdasarkan hal ini maka setiap bentuklahan mempunyai sifat dan karakter tersendiri yang berbeda dengan bentuklahan yang lain. Oleh sebab itu, bentuklahan dapat dijadikan sebagai satuan bentanglahan karena di setiap bentuklahan terbentuk ekosistem yang spesifik, sehingga hasilnya dalam suatu bentanglahan terdapat beragam bentuklahan dengan ekosistemnya masing-masing yang lebih rinci. Berdasarkan kerangka berfikir tersebut, identifikasi dan pemetaan bentuklahan menjadi sangat esensial dalam membangun dan memetakan ekoregion suatu wilayah.

Pada prinsipnya setiap satuan bentuklahan mencerminkan sifat dan karakter lingkungan hidup yang relatif seragam, oleh sebab itu satuan bentuklahan dapat digunakan untuk satuan analisis dalam berbagai kajian yang terkait dengan pemanfaatan permukaan bumi. Dengan demikian pendekatan bentanglahan (landscape approach) merupakan pendekatan yang cocok untuk pemetaan ekoregion.

Leave a Reply