You are currently viewing Sekilas Keunggulan Bambu

Sekilas Keunggulan Bambu

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas pada batangnya. Bambu memiliki banyak jenis. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, pring dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat.

Bambu adalah tanaman dengan laju pertumbuhan tertinggi di dunia yang ditentukan oleh kondisi tanah lokal, iklim, dan jenis spesies. Laju pertumbuhan yang paling umum adalah sekitar 3–12 cm per hari. Beberapa dari spesies bambu dapat tumbuh hingga tingginya melebihi 30 m dan diameter batang mencapai 30 cm. Namun spesies tertentu hanya bisa tumbuh hingga ketinggian beberapa sentimeter saja.

Bambu tumbuh dengan cara menyebarkan perakaran dan rhizomanya dengan cara menyusur di bawah tanah. Penyebaran akar rhizoma sangatlah mudah, hal ini juga sangat ditentukan oleh jenis tanah dan iklim setempat. Dengan persebaran yang sangat mudah, maka tunas muda akan tumbuh dimana-mana, bahkan apabila tidak dikendalikan tanaman bambu akan dapat berpotensi menjadi tanaman invasif.

This Post Has One Comment

Leave a Reply