You are currently viewing KLHK Transformasikan Netral Gender Menjadi Nature Gender
KLHK Transformasikan Netral Gender Menjadi Nature Gender.(Foto PPID KLHK)

KLHK Transformasikan Netral Gender Menjadi Nature Gender

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Utama Tahun 2023. Wakil Menteri LHK, Alue Dohong menerima penghargaan ini di Jakarta (19/12/2023).

Sebagai penerima APE Utama, Kementerian LHK bertanggung-jawab untuk menjadi penggerak dan teladan dalam pengarustumaan gender bagi entitas lain di pusat maupun di daerah, khususnya pada bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Posisi Utama merupakan refleksi komitmen Kementerian LHK yang tinggi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam program dan kegiatannya disertai banyak inovasi dan penerapan kesetaraan gender.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa, penghargaan ini adalah pengingat dan motivasi untuk semua pihak, sehingga dapat benar benar menjadi perubahan secara mendasar dibanyak ruang seperti dalam hal regulasi program kegiatan serta sarana prasarana yang memberikan manfaat bagi masyarakat hingga ditingkat tapak.

KLHK berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kantor yang mendukung pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG), salah satunya adalah dengan dibentuknya Kelompok Kerja (Pokja) PUG.

Menurut Menteri Siti, percepatan pelaksanaan PUG di KLHK, sangat dipengaruhi oleh inovasi serta kualitas sumber daya manusia, yaitu pimpinan, tenaga/karyawan atau pegawai yang memiliki kapasitas dan kemampuan terhadap pelaksanaan PUG di unitnya. Oleh karena itu, Pokja PUG KLHK terus mendorong pengimplementasian pengarusutamaan gender di level kebijakan, program dan kegiatan.

Upaya lainnya yaitu dengan mendorong seluruh dokumen kebijakan menjadi dokumen yang memiliki perspektif gender yang jelas. Kemudian, yang tidak kalah penting yaitu menyiapkan SDM yang memiliki pemahaman, pengalaman sekaligus kemampuan yang optimal terkait gender.

Menteri Siti berharap, KLHK terus memiliki leaders dan champions yang mampu menciptakan inovasi dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender bidang lingkungan hidup dan kehutanan, terutama untuk mengurangi kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang diterima masyarakat akan sumber daya alam.(*)

Sumber: ppid klhk

Texandi

Pranata Humas P3E Kalimantan

Leave a Reply