You are currently viewing Lagi, P3E Kalimantan Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Evaluasi Lahan dan Sampling Kualitas Tanah di Kota Bontang

Lagi, P3E Kalimantan Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Evaluasi Lahan dan Sampling Kualitas Tanah di Kota Bontang

Bontang 9 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Equator PT Pupuk Kaltim, P3E Kalimantan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Evaluasi Lahan dan Sampling Kualitas Tanah bagi para pihak khususnya untuk pegawai lingkup Dinas LH Kota Bontang. Turut hadir juga undangan lainnya dari instansi KLHK seperti BPDAS Mahakam Berau, Balai Taman Nasional Kutai, dan Dinas LH Provinsi Kalimantan Timur, PT Pupuk Kaltim dan Universitas Mulawarman.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Ir Moedjiono, M.P selaku Sekretaris Dinas LH Kota Bontang. Dalam sambutan pembukaannya disampaikan betapa pentingnya kegiatan bimtek ini sebagai langkah awal yang nyata dalam membangun dan mengelola Ruang Terbuka Hijau di Kota Bontang. “Kami ucapkan terimakasih kepada P3EK yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, mudah-mudah bermanfaat dalam membangun dan mengelola Ruang Terbuka Hijau” ungkapnya.

Turut hadir sebagai narasumber Dr Ir Ibrahim, MP (Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman) yang menjelaskan secara komprehensif mengenai evaluasi lahan, sampling kualitas tanah dan menyusun rancangan teknik untuk memperbaiki atau memulihkan kondisi suatu lahan. Kegiatan bimtek dilaksanakan secara tatap muka di dalam ruangan dengan sepenuhnya materi penjelasan dari narasumber. Kemudian dilanjutkan di lokasi RTH Taman Kasih Sayang yang mempraktekan langkah-langkah evaluasi lahan dan sampling kualitas tanah. Para peserta sangat antusias dalam menyimak penjelasan narasumber dan mempraktekan tahapan identifikasi kualitas tanah.  

Kegiatan bimtek ini merupakan serangkaian tahapan yang telah direncanakan oleh P3EK dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu fasilitasi pengendalian kerusakan lingkungan di wilayah Ekoregion Kalimantan. Pemilihan Kota Bontang sebagai lokus kegiatan karena Bontang merupakan salah satu wilayah administratif yang pemerintahnya sangat konsen terhadap Lingkungan Hidup dan sudah melakukan serangkaian upaya untuk memperbaiki kondisi RTH, namun menghadapi beberapa kendala, terutama pada lokus RTH Taman Kasih Sayang. PEDAL Muda P3E Kalimantan, Luthfi R Yusuf menyampaikan bahwa melalui kegiatan bimbingan teknis evaluasi lahan dan sampling kualitas tanah ini, maka diharapkan dapat membantu pemerintah Kota Bontang dalam meningkatkan keberhasilan pembangunan dan pengelolaan RTH, khususnya Taman Kasih Sayang. (LRY)

This Post Has One Comment

Leave a Reply