You are currently viewing <strong>Kunjungan Kerja Menteri LHK RI dan Menteri LH Republik Kongo di Provinsi Kalimantan Timur</strong>

Kunjungan Kerja Menteri LHK RI dan Menteri LH Republik Kongo di Provinsi Kalimantan Timur

Pada Rabu, 29 Maret 2023 Menteri LHK RI, Siti Nurbaya dan Menteri LH Republik Kongo, Arlette Soudan-Nonault melakukan peninjauan kawasan Titik Nol IKN dan Persemaian Mentawir, Kabupaten Penajam Paser Utara. Selama perjalanan tersebut, catatan yang penting dari Menteri Arlette adalah kekagumannya atas banyak pekerjaan yang dilakukan oleh Indonesia. Turut mendampingi rombongan, P3E Kalimantan dan UPT KLHK se-Kalimantan Timur.

Kunjungan Menteri Arlette ke Indonesia ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2018 lalu saat membicarakan pengelolaan kawasan gambut. Bersama Pemerintah Republik Kongo dan Pemerintah Republik Demokratik Kongo, Indonesia menjadi rumah Pusat Gambut Tropis Internasional atau International Tropical Peatland Centre (ITPC). Terdapat lebih dari 1.500 pakar dari peneliti, ilmuwan, pembuat kebijakan, dll yang terdaftar di direktori ITPC ini.

Melalui ITPC Indonesia telah berbagi pengalaman, pelajaran dan praktik dalam mengelola lahan gambut tropis untuk pembangunan dengan tetap menjaga kelestarian. Indonesia juga memimpin south-south cooperation (kerjasama selatan-selatan) menangani gambut Congo Basin.

Kali ini, Menteri Arlette ke Indonesia juga untuk menyampaikan undangan resmi dari Presiden Republik Kongo, Denis Sassou Nguesso, yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, guna menghadiri the amazon-Congo-Borneo Mekong Three Basins Summit and the World Decade of Afforestation pada 14-15 Juni 2023 di Brazzaville, Republik Kongo.

Menteri Siti mengucapkan terima kasih atas kedatangan Menteri Arlette ke Indonesia. Dirinya akan memberikan catatan khusus kepada Presiden Joko Widodo terkait undangan tersebut.

Leave a Reply