You are currently viewing Semarak Lomba Pengarusutamaan Gender Ekoregion Kalimantan Tahun 2021

Semarak Lomba Pengarusutamaan Gender Ekoregion Kalimantan Tahun 2021

Untuk mempercepat pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Festival Gender KLHK 2021. Kegiatan ini juga merupakan upaya menciptakan inovasi, dan menjamin tersedianya faktor sumber daya manusia serta prasarana yang memadai untuk mendukung pelaksanaan PUG di lingkup KLHK. Lomba pengarusutamaan Gender dilaksanakan dalam rangka menyukseskan program pemerintah melalui Biro Perencanaan KLHK dimana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memperoleh penghargaan Parahita Ekapraya dari Presiden RI. Kegiatan Lomba Pengarusutamaan Gender Tahun 2021 dengan tema setara bersama untuk pembangunan yang lebih tangguh, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan mendapatkan kepercayaan sebagai perwakilan dewan juri tingkat daerah Regional Kalimantan, pelaksanakan lomba dilakukan asecara online, adapun peserta lomba merupakan seluruh perwakilan UPT se-kalimantan.

Kategori dalam lomba pengarusutamaan gender yaitu :

  • Komitmen dan Kebijakan
  • SDM dan Lembaga Teraktif
  • Perencanaan Penganggaran
  • Sarana dan Prasarana
  • Terinovatif

Tahap I Pengisian Kuisioner

Lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) “Generetion” lingkup Kalimantan dimulai sejak tanggal 1 September 2021 sampai s.d 13 September 2021. Pada pengisian kuisioner peserta lomba diwajibkan mengisi dan mengupload kuisioner ke Google Drive yang telah disediakan dari tim kesekretariatan c.q. Biro Perencanaan untuk menjadi bahan pertimbangan penilaian tim dewan juri daerah.

Tahap II Penilaian dan Verifikasi Kuisioner

Penilaian dan Verifikasi Kuisioner peserta lomba PUG “Generetion“ oleh tim dewan juri daerah dilakukan kurang lebih 1 minggu untuk menentukan pemenang dari masing -masing kategori. Tim dewan juri daerah Penilai Lomba PUG “Generetion” P3E Kalimantan melakukan penilaian dan verifikasi kuisioner sebanyak 31 kuisioner dari 31 UPT se-Kalimantan. P3E Kalimantan mengundang perwakilan UPT yang berlokasi di wilayah Kalimantan Timur untuk dilakukan penilaian dan verifikasi secara tatap muka di kantor P3E Kalimantan di Balikpapan untuk menjadi bahan pertimbangan penilaian tim dewan juri daerah.

Tahap III Wawancara dan Pemaparan Materi

Masing – masing peserta pemenang kategori berdasarkan hasil penilaian dari Tim dewan juri Daerah Seluruh Indonesia yang terdiri P3E Sumatera, P3E Jawa, P3E Kalimantan, P3E Bali Nusa, P3E Sulawesi Maluku dan P3E Papua, selanjutnya mengikuti sesi wawancara dan presentasi secara online untuk mendapatkan penilaian oleh tim dewan juri pusat dan tim dewan juri daerah. Adapun mekanisme tahap III yaitu peserta lomba dibagi menjadi tiga grup yaitu grup A, B dan C dimana pada tiap grup hanya di isi satu kategori oleh satu instansi, jadi setiap instansi hanya memiliki kesempatan untuk menjadi juara dalam satu kategori dan setiap instansi yang telah mendapatkan juara umum tidak mendapatkan kesempatan untuk menjadi juara kategori.

Leave a Reply