You are currently viewing Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Konsep Analisis Data dalam rangka Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan berbasis DAS di DAS Mahakam Tahun 2023

Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Konsep Analisis Data dalam rangka Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan berbasis DAS di DAS Mahakam Tahun 2023

Halo Sobat Ekoregion! Hari ini Selasa, 5 September 2023 P3E Kalimantan mengadakan FGD Pembahasan Konsep Analisis Data dalam rangka Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan berbasis DAS di DAS Mahakam. FGD ini diselenggarakan di Hotel Mercure Samarinda yang dihadiri oleh 90 orang dari 77 instansi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Lingkup Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kota Samarinda, Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Malinau, seperti: Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas PUPR, Dinas Kelautan dan Perikanan.

Hadir juga BMKG, BWS IV Kalimantan, KPHL/KPHP, UPT KLHK lingkup Provinsi Kalimantan Timur, PDAM, dan Mitra Pembangunan dari Yayasan RASI, BOSF, GGGI, dan pakar dari Universitas Mulawarman. Sebelumnya FGD ini juga dilaksanakan oleh P3E Kalimantan di DAS Riko, DAS Manggar di Kalimantan Timur dan  DAS Barito di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.      

Dalam sambutan arahannya, Kepala P3E Kalimantan Dr. Mini Farida menyampaikan  perlu adanya integrasi perencanaan hulu dan hilir untuk dapat meningkatkan kualitas Sungai Mahakam yang dapat berdampak dalam peningkatan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup di masing-masing kabupaten/kota yang dilalui oleh Sungai Mahakam.

Leave a Reply