You are currently viewing Focus Group Discussion (FGD) Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang LHK di Provinsi Kalimantan Barat

Focus Group Discussion (FGD) Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang LHK di Provinsi Kalimantan Barat

Pada tanggal 15 Juni 2022, P3E Kalimantan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang LHK di Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka Koordinasi Perencanaan Pengendalian Pembangunan Ekoregion di Ekoregion Kalimantan yang diadakan di Ruang Rapat Kantor BPDASHL Kapuas, Kota Pontianak.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah :

  1. Mengidentifikasi isu-isu prioritas LHK di Provinsi Kalimantan barat,
  2. Menginventarisasi kebijakan, rencana, dan program kerja bidang LHK dari DLH Provinsi/Kabupaten/Kota, Dinas Kehutanan, dan UPT KLHK di Provinsi Kalimantan Barat,
  3. Memperoleh data/informasi terkait isu-isu prioritas, kebijakan, rencana dan program kerja bidang LHK sebagai bahan masukan untuk melakukan integrasi perencanaan bidang LHK di Ekoregion Kalimantan.

Output yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah :

  1. Teridentifikasinya isu prioritas LHK di Provinsi Kalimantan Barat,
  2. Terinventarisasinya Kebijakan, Rencana, dan Program Kerja Bidang LHK di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala P3E Kalimantan, Dr. Mini Farida, S.T., M.Si dan selanjutnya acara dimoderatori oleh Kepala Bidang Koordinasi Perencanaan Pengendalian Pembangunan Ekoregion P3E Kalimantan, Dr. Ade Suharso, S.Hut., M.Si.

Arahan dari Kepala P3E Kalimantan pada kegiatan ini adalah penting adanya koordinasi dan kerja sama antar daerah, kementerian, lembaga, dan opd dalam perencanaan pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Penjaringan Isu-isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang LHK di Provinsi Kalimantan Barat telah diperoleh isu-isu prioritas terkait LHK di lokus kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini diadakan secara offline dan online menggunakan zoom meeting yang dihadiri oleh BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat, Dinas LHK Provinsi Kalimantan Barat, BAPPEDA Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, DLH Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, dan UPT KLHK se-Kalimantan Barat.

Keesokan harinya pada tanggal 16 Juni 2022 diadakan juga Rapat Klarifikasi Dokumen Perencanaan LHK Kabupaten Kapuas Hulu yang bertempat di ruang rapat Kantor BPKH Wil. III Pontianak. Rapat ini dihadiri oleh BPKH Wilayah III Pontianak, Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, DLHK Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, serta P3E Kalimantan.

Leave a Reply