You are currently viewing Rapat Koordinasi Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Provinsi Kalimantan Utara

Rapat Koordinasi Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Provinsi Kalimantan Utara

Pada tanggal 2 November 2022, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penjaringan Isu-Isu Prioritas dan Rencana Kerja Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Lingkup Provinsi Kalimantan Utara. Acara ini merupakan rapat koordinasi yang terakhir dari lima provinsi di Ekoregion Kalimantan selama tahun 2022. Dilaksanakan di Hotel Grand Jatra, Balikpapan, Kalimantan Timur, acara ini dibuka oleh Kepala P3E Kalimantan, Ibu Dr. Mini Farida, ST. Hadir sebagai narasumber Bapak Drs. Hamsi, S.Sos., MT., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Utara dan Bapak Nustam, S.Hut., M.Si mewakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara yang hadir secara daring. Hadir juga para Kepala Dinas Lingkungan Hidup, para Kepala Bappeda Kabupaten/Kota Lingkup Provinsi Kalimantan Utara, dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam sambutan arahannya, Kepala P3E Kalimantan menekankan pentingnya komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antardaerah, Kementerian/Lembaga, Pusat-Daerah dalam perencanaan pembangunan agar terjadi integrasi/sinkronisasi dalam upaya menyelesaikan isu-isu/permasalahan bersama bidang lingkungan hidup dan kehutanan di Kalimantan Utara untuk mencapai “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Rapat Koordinasi ini selain telah berhasil membangun komunikasi dan koordinasi antara Organisasi Perangkat Daerah dengan UPT KLHK juga telah berhasil mengidentifikasi status penyusunan dokumen-dokumen perencanaan dan isu-isu prioritas bidang LHK di wilayah Provinsi Kalimantan Utara diantaranya: bencana alam banjir, penurunan kualitas air, konversi mangrove, sampah plastik laut, pembangunan perhutanan sosial, penegakan hukum LHK, dan lain-lain.  Kegiatan ini merupakan awal dari langkah selanjutnya berupa integrasi perencanaan pengendalian pembangunan yang akan dilaksanakan oleh P3E Kalimantan pada tahun 2023 mengacu isu-isu prioritas bidang LHK.

Leave a Reply