You are currently viewing <strong>Peduli Lingkungan, Komite SD Muhammadiyah Balikpapan Kembangkan Bank Sampah</strong>

Peduli Lingkungan, Komite SD Muhammadiyah Balikpapan Kembangkan Bank Sampah

P3E Kalimantan yang diwakili oleh Agung Priyanto dan Luthfi Ramdani Yusuf hadir sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah yang bertempat di Aula SD Muhammadiyah Balikpapan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komite Sekolah SD Muhammadiyah Balikpapan. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam rangka pengembangan Bank Sampah di SD Muhammadiyah Balikpapan.

“Salam Lestari, Salam 3R, P3E Kalimantan sangat mengapresiasi inisitatif ini, harapan kami setelah acara ini Bank Sampah di SD Muhammadiyah Balikpapan segera berdiri”, Ujar Luthfi Ramndani Yusuf dalam sambutan yang disampaikan.

Dalam acara ini narasumber dari P3E Kalimantan, Agung Priyanto, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya, menyampaikan pentingnya mengelola sampah agar tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan.

“Dalam mengelola Bank Sampah penting untuk meniatkan agar lingkungan menjadi sehat dan bersih. Keuntungan dari sisi materi adalah bonus dalam pengelolaan Bank Sampah bukanlah tujuan utamanya”, tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga hadir narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dan juga Bank Sampah Kota Hijau yang merupakan Bank Sampah Induk Kota Balikpapan yakni Saptarina, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda dan Abdul Rahman, direktur Bank Sampah Kota Hijau.

“Sampah yang dominan di Kota Balikpapan adalah sampah organik yang bersumber dari rumah tangga sehingga penting untuk melakukan pengomposan dan upaya menghabiskan makanan yang sudah dipesan di warung agar tidak menjadi sampah. Selain itu juga mengupayakan untuk memasak makanan seperlunya”, ujar Saptarina dalam penyampain materi.

Abdul Rahman, direktur Bank Sampah Kota Hijau menyampaikan bahwa bank sampah kota hijau sudah menggunakan aplikasi digital yang memudahkan dalam operasioanl bank Sampah. Aplikasi bank sampah digital ini merupakan fasilitasi dari P3E Kalimantan.

Dalam acara ini peserta cukup antusias untuk  berpartisipasi untuk menjadi nasabah Bank Sampah. Ketua Komite SD Muhammadiyah Balikpapan, Dini, menyampaikan bahwa setelah acara ini akan dilanjutkan rapat tindak lanjut dan pembentukan tim untuk pembentukan Bank Sampah.

Leave a Reply