You are currently viewing Kunjungan Kerja Kepala P3E Kalimantan ke Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat

Kunjungan Kerja Kepala P3E Kalimantan ke Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat

Ayukk Belanja Ke GALERI HASIL HUTAN KALBAR

Menjadi sebuah kabar gembira bagi masyarakat Kalimantan Barat dan para pengunjung ke Kota Pontianak semenjak bulan Januari tahun 2022 telah memiliki destinasi kunjungan baru yaitu GALERI HASIL HUTAN KALBAR yang terletak di Jalan Veteran Kota Pontianak. Didalam galeri tersebut menjual dan mempertunjukkan semua potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Semua produk yang dijual merupakan hasil kerja masyarakat setempat di sekitar kawasan hutan di Kalimantan Barat dibawah binaan beberapa Kesatuan Pengelola Hutan (KPH)di Kalimantan Barat. Beberapa produk yang dijual disini diantaranya kopi yang berasal dari berbagai daerah di Kalbar yang memiliki ciri khas masing-masing, tikar rotan yang dijalin bersama kulit kayu, ramuan-ramuan makanan dan obat-obatan tradisional, peralatan rumah tangga dan banyak lagi produk lainnya semuanya dijual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Menurut Kepala Dinas LHK Prov. Kalbar Ir. H. Adi Yani, MH, pembangunan galeri hasil hutan ini terinspirasi dari banyaknya potensi hasil hutan bukan kayu yang dimiliki oleh masyarakat Kalbar yang bisa menjadi potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya didaerah-daerah pedalaman yang berada di sekitar kawasan hutan.

Kepala P3E Kalimantan Dr. Mini Farida, S.T., M.Si. sangat mengapresiasi inovasi yang telah dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan berharap galeri ini menjadi insiasi awal bagi Pulau Kalimantan untuk memulai mengelola potensi-potensi hasil hutan bukan kayu yang melimpah dengan teknologi pengolahan yang lebih maju dan sistem manajemen yang lebih modern. P3E Kalimantan bersama-sama dengan UPT KLHK yang ada di Kalimantan mendukung pengembangan Galleri hasil hutan di masing-masing ibutota Provinsi dan siap untuk bekerjasama.

Leave a Reply