You are currently viewing Gerak Cepat P3E Kalimantan dan Mengkoordinasikan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Lokasi IKN

Gerak Cepat P3E Kalimantan dan Mengkoordinasikan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Lokasi IKN

Balikpapan 27 Juni 2022, bertempat di Ruang Rapat Balai KSDA Kalimantan Timur, P3E Kalimantan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Lokasi IKN bersama UPT KLHK lingkup Kalimantan Timur. Rakor ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti arahan Menteri LHK yakni terkait peran penting UPT KLHK dalam pengelolaan lingkungan di sekitar IKN dan persiapan penyelenggaraan Festival LHK Sepaku IKN 2022 memperingati Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus.

Rakor dibuka dan dipimpin oleh Kepala P3E Kalimantan, Dr Mini Farida, ST.,M.Si. Adapun poin-poin dan arahan penting yang disampaikan saat pembukaan diantaranya mengenai kondisi lingkungan IKN saat ini yang sudah menjadi destinasi wisata, baik pengunjung lokal maupun yang berasal dari berbagai daerah di luar Kalimantan. “IKN sudah menjadi daerah wisata yang dikunjungi oleh pengunjung dari seluruh Indonesia, namun tidak semua orang mengerti dan sadar akan sampah, sehingga menjadi masalah dan tantangan dalam pengelolaan sampahnya, P3EK sudah menyediakan sarana prasarana walaupun masih terbatas untuk pos jaga dan himbauan kepada pengunjung, terutama untuk melarang pengunjung beraktifitas di area tanaman yang baru ditanam” ungkapnya. Oleh karena itu, kita sebagai UPT KLHK tidak hanya memastikan kebersihan di lokasi IKN, tetapi juga harus berupaya melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat disekitar IKN.

Dalam rakor tersebut disepakati pembagian peran dan jadwal edukasi pengunjung dan kegiatan bersih sampah di lokasi IKN yang akan dilaksanakan oleh seluruh UPT KLHK di Kalimantan Timur. Rencana penjadwalan petugas jaga edukasi pengunjung dijadwalkan setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Adapun kegiatan bersih sampah akan dilaksanakan setiap hari Senin. Agenda kedua adalah penyelenggaraan festival LHK di Kecamatan Sepaku yang melibatkan peran serta masyarakat setempat di 10 Desa. Rangkaian dan ragam kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari : diskusi pembangunan pusat pertumbuhan Sepaku IKN, lomba kebersihan dan kampung iklim, penanaman pohon, pekan olah raga dan pesta rakyat. “Arahan Bu Menteri adalah keterlibatan semua UPT pada kegiatan Festival KLHK di Kecamatan Sepaku, sebagai wujud hadirnya KLHK untuk masyarakat setempat” ungkap Kepala P3E Kalimantan. (LRY)

Leave a Reply