You are currently viewing Peringatan World Cleanup Day Provinsi Kalimantan Selatan

Peringatan World Cleanup Day Provinsi Kalimantan Selatan

P3E Kalimantan berpartisipasi dalam peringatan World Cleanup Day (WCD) Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 September 2022 di Pantai Batakan Baru, Kabupaten Tanah Laut. Dalam sambutannya, Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, menyampaikan bahwa pemilihan Pantai Batakan sebagai lokasi peringatan WCD Provinsi Kalsel karena pantai Batakan ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kalsel, sehingga harus dijaga kebersihannya. Lebih lanjut Hanifah menjelaskan bahwa dalam kegiatan WCD tahun 2022 di Kalsel, selain kegiatan bersih Pantai Batakan Baru, Provinsi Kalsel juga mencanangkan kegiatan Merdeka Sampah yang dilaksanakan di jalan A. Yani, dan kegiatan bersih-bersih di 12 Desa dan Kelurahan di sepanjang Sungai Martapura.

Kegiatan WCD di Pantai Batakan Baru diikuti oleh 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti siswa sekolah, karang taruna, kelompok sadar wisata, dan para pegiat lingkungan di Kalsel. Selain aksi bersih pantai, dalam pelaksanaan WCD di Pantai Batakan Baru juga dilakukan penanaman pohon cemara laut dan mangrove, penyerahan bantuan bak sampah kepada Pokdarwis Pantai Batakan Baru, dan kegiaan malam diskusi Pengelolaan Sampah. Malam diskusi yang dilaksanakan pada tanggal 18 September dan diikuti oleh P3E Kalimantan, DLH Provinsi Kalsel, DLH Kabupaten Tanah Laut, Karang Taruna, pegiat lingkungan, dan pelajar ini berjalan dengan sangat menarik. Beberapa kesepahaman yang muncul dalam konteks pengelolaan sampah adalah bahwa proses penyadaran pengelolaan sampah kepada masyarakat harus berjalan perlahan agar kita tidak kehabisan tenaga. Pengelolaan sampah penting dan harus dilakukan karena sampah yang tidak terkelola dapat mencemari lingkungan dan berdampak pada Kesehatan masyarakat. Selain itu, pengelolaan sampah juga sebaiknya dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah mengelolaanya.

Peringatan WCD di Pantai Batakan Baru dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira. Fajar berharap bahwa adanya kegiatan bersih-bersih ini dapat memupuk kesadaran kita semua dalam pengelolaan sampah. Selain itu, Pokdarwis di Pantai Batakan Baru ini diharapkan dapat turut menjaga kebersihan pantai dengan mengingatkan wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan.

Leave a Reply