You are currently viewing Gerakan Kompos Satu Negeri “Gerakan Hidup Minim Sampah”

Gerakan Kompos Satu Negeri “Gerakan Hidup Minim Sampah”

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, pada tanggal 10 Juni 2023 dilaksanakan Gerakan Kompos Satu Negeri “Gerakan Hidup Minim Sampah” bersama dengan OASE KIM.

Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan diikuti oleh 38 Provinsi, termasuk Provinsi Kalimantan Timur. Hadir sebagai perwakilan dari Kalimantan Timur untuk berdialog secara online dengan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo adalah Hj. Erni Makmur Hadi Mulyadi. Dialog dengan Ibu Negara dilakukan pada pukul 8.30 WITA. Untuk lokasi pengomposan di Provinsi Kalimantan Timur adalah di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan.

Untuk Kota Balikpapan, pengomposan dilakukan di BSI Kota Hijau. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari P3E Kalimantan, DWP P3E Kalimantan, DLH Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Selatan, Lurah Sepinggan, Duta Lingkungan Kota Balikpapan, BSI Kota Hijau, BSU binaan BSI Kota Hijau, warga sekitar BSI Kota Hijau (RT. 05), dan didukung oleh para mitra yaitu PT Interpout, PT PLN Nusantara Power, PT PLN Kalimantan Bagian Timur, dan PT Balikpapan Environment Service.

Sampah yang diolah hari ini berjumlah 200 kg yang diolah dalam 10 drum komposter. Sampah yang berasal dari sampah organik rumah tangga warga sekitar dan sampah pasar pandansari. Produk yang dihasilkan dari dari kegiatan pengomposan adalah pupuk organik cair dan pupuk kompos yang digunakan oleh warga sekitar.

Leave a Reply