You are currently viewing Puncak Peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2023 Promosikan IKN sebagai Kota Masa Depan Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2023 Promosikan IKN sebagai Kota Masa Depan Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan

Tahun ini puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2023 dipusatkan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Alasan utamanya untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat serta mempromosikan destinasi wisata di IKN dan Kabupaten/Kota penyangga.

Puncak HLH 2023, diawali dengan Bersepeda Road to IKN yang dilakukan selama dua hari Sabtu – Minggu, 10-11 Juni 2023. Kegiatan bersepeda mengajak kepada seluruh peserta untuk ambil bagian dalam aksi menciptakan langit biru dan mengedukasi peserta dengan gaya hidup sehat yang rendah emisi.

Menteri LHK, Siti Nurbaya, Kepala BRGM, Hartono Prawiraatmaja, Dirjen PPKL KLHK, Sigit Reliantoro, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto dan lainnya melepas peserta fun race bike di tengah guyuran hujan di lapangan merdeka Balikpapan.

Etape I Road to IKN dimulai Sabtu pagi (10/6) dari Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan berakhir di kediaman dinas Bupati Penajam Paser Utara berjarak 99,5 km. Etape II berlanjut Minggu pagi (11/6) dengan jarak 27,5 km peserta bersepeda dari Kediaman Dinas Bupati Penajam Paser Utara menuju Zona Rimba Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) untuk melakukan penanaman secara serentak, dan selanjutnya finish di Titik Nol Nusantara. Keseluruhan rute Road to IKN melintasi 3 wilayah, yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegera, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Terdapat 4 lokasi cek poin bagi para peserta untuk beristirahat sejenak yaitu di SPBU Km. 28 Balikpapan, Aula Wanariset BPSILHK Samboja, gerbang masuk menuju Bukit Bangkirai, dan Bendungan Sepaku-Semoi. Setiap cek poin panitia menyediakan makanan, air minum, multivitamin, buah-buahan, snack, dan minuman berenergi. Peserta melakukan scan barcode di setiap lokasi cek poin. Tersedia pula petugas media dan ambulance yang selalu siaga.

Kegiatan bersepeda diikuti sebanyak 425 peserta baik peserta umum dari luar Kalimantan Timur, peserta berasal dari khusus Kalimatan Timur, dan peserta berasal dari perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kementerian/lembaga, Badan Otorita IKN, pemerintah daerah, dan dunia usaha.

Pemilihan IKN sebagai lokasi puncak peringatan HLH Tahun 2023 juga bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata di sekitar daerah kawasan penyangga, seiring dengan program pemulihan lingkungan yang terintegrasi dengan pengembangan wisata di IKN.

Dengan adanya event ini, KLHK mencoba untuk memperkenalkan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara juga memiliki daya tarik wisata di sekitarnya sehingga dapat menjadi landmark-landmark baru yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Sejumlah destinasi tersebut juga dilalui oleh para peserta fun race Road to IKN.

Destinasi wisata yang telah kami coba untuk perkenalkan antara lain Taman Bangkirai, pemulihan lahan bekas tambang Goa Batu Tapak Raja, Tracking Blok Wisata Tanam di Titik Nol IKN, Public Space Area Samboja, Persemaian Mentawir, dan Hutan Mangrove yang berada di Kelurahan Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Paser Penajam Utara.

Melalui serangkaian kegiatan peringatan HLH Tahun 2023, KLHK mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam upaya pengendalian pencemaran melalui cara sederhana dan menyenangkan. Momentum HLH 2023 yang berlokasi di IKN, juga membawa pesan bahwa IKN dengan visi menjadi kota masa depan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Leave a Reply