You are currently viewing Sosialisasi Rangkaian Kegiatan HPSN Kalimantan 2023

Sosialisasi Rangkaian Kegiatan HPSN Kalimantan 2023

Sobat ekoregion, Kalimantan sebagai tuan rumah Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mengedepankan konsep forest city, smart city dan modern city termasuk didalam pengelolaan sampah sudah harus memulainya sejak saat ini. Salah satu upaya dalam pencapaian target tersebut adalah dengan berbagai pengetahuan dan pengembangan industrialisasi pengelolaan sampah secara masif dan simultan menjadi hal yang mutlak harus dimulai dan dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota sebagai pemilik wilayah dab berkewenangan penuh di dalam melakukan praktek-praktek pengelolaan sampah.

Melalui praktek-praktek dari pembelajaran yang telah dilaksanakan dan berhasil dilakukan akan menjadi faktor pendorong yang sangat kuat bagi Kabupaten/Kota untuk mereplikasi dan mengubah sistem business as usual pengelolaan sampah berbasis teknologi dan bermanfaat bagi kesejahteraan.

Setiap tanggal 21 Februari, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sebagai konstelasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah di Indonesia. Peristiwa meledak dan longsornya TPA Leuwigajah pada tahun 2005 yang menelan korban jiwa mencapai 147 jiwa berimplikasi pada perhatian dan fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi. Tema HPSN 2023 adalah TUNTAS KELOLA SAMPAH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Bertolak dari hal tersebut, P3E Kalimantan menginisiasi kegiatan HPSN Kalimantan 2023. Harapan di dalam penyelenggaraan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kalimantan 2023 yang diselenggarakan di Kota Balikpapan akan menjadi momentum perubahan sistem dan paradigma pengelolaan sampah menjadi industri dan berteknologi yang bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan. Penyelenggaraan HPSN Kalimantan 2023 diperkirakan akan dihadiri sekitar 500 orang yang berasal dari berbagai pihak di 5 Provinsi dan 56 Kab/Kota di Kalimantan.

Guna mensosialisasikan kegiatan HPSN Kalimantan 2023, P3E Kalimantan dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur hadir pada acara Ngapeh TVRI Kalimantan Timur pada tanggal 16 Februari 2023. Keesokan harinya P3E Kalimantan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan hadir pada acara Afternoon Tea KPFM 95.4 Balikpapan pada tanggal 17 Februari 2023.

Leave a Reply