You are currently viewing Workshop Pelaksanaan Nilai Ekonomi Karbon dan Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Timur

Workshop Pelaksanaan Nilai Ekonomi Karbon dan Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Timur

Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan terus mendukung setiap kegiatan yang beriorientasi pada pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Komitmen tersebut salah satunya dibuktikan dengan berpartisipasi pada workshop yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Novotel Balikpapan, pada tanggal 29-30 Agustus 2023. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Bapak H. Isran Noor.

Dr. Mini Farida, Kepala P3E Kalimantan, menghadiri langsung “Workshop Pelaksanaan Nilai Ekonomi Karbon dan Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Timur”. Turut hadir sebagai pemateri yaitu Direktur Mitigasi Perubahan Iklim KLHK, Direktur Bina Usaha Pemanfaatan Hutan KLHK, Direktur Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kemenkeu, Analis Kebijakan Ahli Utama Ditjen PPI KLHK dan perwakilan Direktur IGRK dan MPV Ditjen PPI KLHK.

Kegiatan workshop memaparkan materi-materi seputar Nilai Ekonomi Karbon (NEK) dan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), antara lain kebijakan NEK dalam mencapai NDC Perpres Nomor 98 Tahun 2021, peran BPDLH dalam fasilitasi akses dan REDD+, mekanisme perdagangan karbon di sektor kehutanan, proses perhitungan emisi GRK serta validasi dan verifikasi unit karbon, pelaksanaan pengukuran, pemantauan, dan pelaporan program FCPF-CF Provinsi Kaltim.

Leave a Reply