You are currently viewing Aksi Penanaman, Bersih Sampah, dan Sosialisasi Pengelolaan Waduk Manggar Komitmen Para Pihak Menuju  Waduk Manggar SEGAR (Sejuk, Bersih dengan Air Melimpah)

Aksi Penanaman, Bersih Sampah, dan Sosialisasi Pengelolaan Waduk Manggar Komitmen Para Pihak Menuju  Waduk Manggar SEGAR (Sejuk, Bersih dengan Air Melimpah)

Pada hari Sabtu, 30 September 2023 P3E Kalimantan mengadakan Aksi Penanaman, Bersih Sampah, dan Sosialisasi Pengelolaan Waduk Manggar, Komitmen Para Pihak Menuju Waduk Manggar SEGAR (Sejuk, Bersih dengan Air Malimpah).  Aksi ini dilakukan di Hutan Wisata Bambu Wana Desa Waduk Manggar, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama para pihak dalam penyelamatan Waduk Manggar serta memberikan contoh dan edukasi kepada Kelompok Tani Hutan dan masyarakat di sekitar waduk dalam bentuk penanaman pohon (bambu), aksi bersih dan pengelolaan sampah, sanitasi, pertanian, dan wisata alam dengan memperhatikan fungsi Waduk Manggar sebagai sumber air baku utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan dan peraturan perundangan lainnya yang berlaku.

Aksi ini dibuka oleh Kepala P3EK, Dr. Mini Farida, dihadiri oleh berbagai dinas/instansi yang berasal dari OPD Kota Balikpapan, BWS Kalimantan IV, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, BMKG, KPHL Balikpapan, dan UPT KLHK lingkup Provinsi Kalimantan Timur. Dalam arahannya, Kepala P3EK menjelaskan bahwa “Untuk dapat mewujudkan Waduk Manggar SEGAR (Sejuk, Bersih, dengan Air Melimpah) perlu aksi dan komitmen bersama antar Kementerian/Lembaga sehingga aksi ini dapat menjadi pembelajaran bahwa kita dari berbagai Kementerian/Lembaga dapat bersatu padu bekerjasama untuk mendukung pengelolaan Waduk Manggar yang merupakan sumber air kehidupan warga Balikpapan”.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari aksi perubahan yang digagas oleh Dr. Ade Suharso, Kabid Koordinasi Perencanaan Pengendalian Pembangunan Ekoregion P3EK, untuk mengatasi tantangan kuantitas dan kualitas air waduk sebagai dampak dari sedimentasi akibat alih fungsi lahan di DAS Manggar dan beragam aktivitas yang berpotensi menjadi sumber beban pencemar air Waduk Manggar.  

Leave a Reply