You are currently viewing Rapat Kerja Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Tahun 2023

Rapat Kerja Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Tahun 2023

Institusionalisasi Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2023 merupakan tema yang diangkat dalam kegiatan Rapat Kerja Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan 2023. Acara bertempat di Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan dan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 7-8 Maret 2023.

Peserta Raker datang dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi se-Kalimantan, Dinas Kehutanan Provinsi se-Kalimantan, Bappeda Provinsi se-Kalimantan, UPT KLHK se-Kalimantan, dan KPH se-Kalimantan.

Acara diawali dengan laporan panitia oleh Kepala P3E Kalimantan. Mini Farida menyebut, tujuan rapat kerja ini adalah meningkatkan produktivitas tapak pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di Ekoregion Kalimantan, dan internalisasi kebijakan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan sesuai dengan kondisi dan karakteristik di Ekoregion Kalimantan. Selain itu memperkuat upaya koordinasi dan sinkronisasi entitas lingkungan hidup dan kehutanan untuk memastikan operasionalisasi dan implementasi pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan berorientasi tapak di Ekoregion Kalimantan.

Selanjutnya sambutan oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono yang mengatakan, ada lima pilar yang dikawal untuk keberlanjutan lingkungan hidup. Diajntaranya atmosfer udara, air, laut, lahan, dan biodeversitas. Maka konsep pembangunan IKN harus terdapat lima pilar tersebut. Lebih lanjut disebutkan bahwa pembangunan IKN bukan tiba-tiba, tapia da perencanaan lingkungan hidup yang menjaga pilar keberlangsungan lingkungan hidup. Setidaknya seluruh UPT dibawah KLHK harus memahami hal itu. Kemudian, pembahasan teknologi dalam pengendalian dan peningkatan kualitas lingkungan di Kalimantan.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor saat membuka raker berharap rapat kerja  P3E Kalimantan LHK Ekoregion Kalimantan bisa menghasilkan rumusan yang bermanfaat dalam rangka pembangunan dan peningkatan kualitas lingkungan khususnya di Kalimantan.

Narasumber yang hadir sebanyak 17 narasumber yang terbagi dalam 2 hari untuk pemaparan. Dihari kedua raker, dihasilkan rumusan raker dan tindak lanjut yang ditetapkan untuk menjadi acuan P3E Kalimantan, UPT KLHK lingkup Region Kalimantan, dan UPTD KPH lingkup Region Kalimantan dalam melaksanakan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan sesuai dengan tugas dan fungsi serta kewenangan masing-masing.

Leave a Reply