You are currently viewing Aksi Bersih Sampah Memperingati HPSN Kalimantan 2023

Aksi Bersih Sampah Memperingati HPSN Kalimantan 2023

Sabtu (4/3) P3E Kalimantan berkolaborasi dengan DLH Provinsi Kalimantan Timur dan DLH Kota Balikpapan mengadakan kegiatan Aksi Bersih Sampah di Pantai Seraya Balikpapan. Kegiatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari dan melibatkan peserta sebanyak 300 orang yang berasal dari UPT KLHK se-Kalimantan Timur, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Balikpapan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Selatan, Lurah Sepinggan Raya, Cirowaste Balikpapan, RT 28 dan 29 Kelurahan Sepinggan Raya, KUB Minasari Sepinggan, KUB Sinar Laut Sepinggan, dan KUB Sinar Bahari Sepinggan, Komunitas Pepelingasih Balikpapan, Komunitas Lentera Balikpapan PT. Kilang Pertamina Balikpapan, PT. Balikpapan Environmental Services, Bondy Restauran dan PT. Allesia International Tbk. (Club air mineral).

Kepala P3E Kalimantan, Mini Farida hadir bersama para tamu undangan yaitu Walikota Balikpapan yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Arzaedi Rachman.

Acara dibuka oleh Kepala P3E Kalimantan, Mini Farida yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan aksi bersih sampah di sekitaran Kawasan Pantai Seraya Balikpapan. Jenis sampah yang ditemukan saat penyisiran antara lain botol plastik, plastik bekas kemasan, kayu ranting kering, dan daun-daun kering.

Sampah yang dikumpulkan dari aksi bersih sampah kemudian ditimbang dan dicatat oleh Ciro Waste. Berdasarkan hasil penimbangan Ciro Waste, timbulan sampah sebanyak 617,6 Kg, dengan rincian organik sebanyak 203,7 Kg, anorganik 51,9 Kg, dan residu sebanyak 362 Kg. Sampah hasil aksi bersih sampah untuk jenis organik dan anorganik selanjutnya dibawa ke Ciro Waste, sedangkan sampah residu ke TPA.

Selain kegiatan aksi bersih sampah, dilakukan pula kegiatan penukaran sampah yang ditukar dengan tumbler dan lunch box. Jumlah penukar sampah sebanyak 52 orang dengan rincian sampah sebagai berikut, sampah plastik sebanyak 20 Kg, sampah kardus 12 Kg, minyak jelantah 25 liter, dan jerigen bekas sebanyak 3 Kg. Sampah hasil kegiatan penukaran sampah selanjutnya dibawa ke Bank Sampah Unit P3E Kalimantan.

Sampah yang dihasilkan dari kegiatan hari ini tentunya mempunyai nilai ekonomi, ada yang layak kompos, layak jual, dan layak kreasi. Apabila sampah ini dapat terolah maka penumpukan sampah di TPA dapat terkurangi.

Untuk memeriahkan kegiatan aksi bersih pantai ada beberapa penilaian yg digelar yaitu organik terbaik, anorganik terbaik dan lomba poster, dengan pemenang sebagai berikut:

Organik terbaik 1 SDN 001 Balikpapan Kota
Organik terbaik 2 SDN 018 Balikpapan Utarab

Anorganik terbaik 1 SDN 008 Balikpapan Utara
Anorganik terbaik 2 SDN 003 Balikpapan Tengah

Lomba poster
Juara 1 SDN 007 Balikpapan Timur
Juara 2 SDN 001 Balikpapan Utara
Juara 3 SDN 026 Balikpapan Tengah

Acara ini didukung oleh para sponsor yaitu dari PT. Kilang Pertamina Balikpapan, PT. Balikpapan Environmental Services, Bondy Restauran dan PT. Allesia International Tbk. (Club air mineral). Pada kegiatan hari ini diserahkan pula penyerahan simbolis bantuan kegiatan aksi bersih sampah oleh PT. Kilang Pertamina Balikpapan yang diwakili oleh kepala security, Asep Cahyana yang diserahkan kepada taf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Arzaedi Rachman dan didampingi Kepala P3E Kalimantan, Mini Farida.

Leave a Reply