You are currently viewing Rapat Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan DAS dan Waduk Manggar dalam rangka Pengendalian Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Wilayah Ekoregion Kalimantan

Rapat Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan DAS dan Waduk Manggar dalam rangka Pengendalian Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Wilayah Ekoregion Kalimantan

Pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 P3E Kalimantan mengadakan Rapat Sinkronisasi dan Integrasi Perencanaan DAS dan Waduk Manggar dalam rangka Pengendalian Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Wilayah Ekoregion Kalimantan. Rapat yang dipimpin oleh Dr. Ade Suharso, Kepala Bidang Koordinasi Perencanaan Pengendalian Pembangunan Ekoregion, diselenggarakan di Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV di Samarinda. Secara khusus rapat ini memberikan perhatian lebih pada sinkronisasi dan intergrasi perencanaan pengendalian pembangunan dalam mewujudkan Waduk Manggar SEGAR (Sejuk, Bersih, dengan Air Melimpah).

Waduk Manggar yang merupakan sumber air baku utama bagi Perumda Tirta Manuntung Balikpapan menghadapi ancaman secara kuantitas dan kualitas. Dampak El Nino dan sedimentasi menyebabkan volume air Waduk Manggar terus menyusut. Waduk Manggar juga menghadapi ancaman penurunan kualitas akibat beragam aktivitas di wilayah DASnya.

Rapat Sinkronisasi dan Integrasi ini dihadiri oleh beragam dinas/instansi yang berasal dari OPD terkait Kota Balikpapan, BWS Kalimantan IV, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, BMKG, KPHL Balikpapan, dan UPT KLHK lingkup Provinsi Kalimantan Timur. Rapat ini merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya untuk memberikan rekomendasi teknis integrasi dan sinkronisasi perencanaan pengendalian pembangunan bidang LHK kepada para pemangku kepentingan dalam pengelolaan DAS dan Waduk Manggar.

Leave a Reply